suaramerdeka.com - Film Kolossal ‘Sang’ Kiai yang dibintangi oleh Cristine Hakim, Ikranagara, Adipati Dolken, Agus Kuncoro, akhirnya berhasil menyabet dan dinobatkan sebagai Film Terbaik dalam acara malam puncak pengganugerahan Piala Citra, Sabtu (7/12) malam di Marina Conventions Centre (MCC).
Film yang menggambarkan KH Hasyim Asy’ari diproduseri Gope T Samtani ini menyisihkan film yang masuk nominasi FFI 2013 yaitu ‘Belenggu’, ‘5 Cm’, Laura dan Marsha, dan Habibie & Ainun. Film yang disutradarai Rako Prijanto ini sekaligus menjadikannya sebagai Sutradara Terbaik FFI 2013.
Film yang menceritakan seorang pejuang kemerdekaan sekaligus pendiri Nahdlatul Ulama ini sebagai film terbaik dipilih melalui penilaian dari tim juri diantaranya Slamet Rahardjo Djarot sebagai ketua tim dengan anggota Arswendo Atmowiloto, dan Tommi F Awuy. Pengumuman Pemenang Piala Citra dalam Film Terbaik FFI ini dibacakan oleh pemain utama film ‘Si Doel Anak Sekolahan’ Rano Karno dan Widyawati.
Piala Citra ini secara simbolis diserahkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Mari Elka Pangestu kepada Gope T Samtani didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Ketua FFI 2013 Firman Bintang.
Usai  menerima piala bergengsi dalam ajang dunia perfilman Indonesia ini, Gope T Samtani mennyampaikan penghargaan ini berhasil diraih karena dukungan dari semua elemen dalam film Sang Kiai tersebut. Dimana usaha yang dilakukan untuk menuju pemenang film ini tidak mudah dengan bekerja keras tanpa mengenal waktu.
“Terima kasih kepada juri yang telah memilih kami sebagai juara. Film yang bersetting di Kota Pelajar Yogyakarta ini juga akan diikutkan dalam ajang Piala Oscar dalam kategori Film Asing,” katanya.
Sedangkan artis wanita pendukung terbaik adalah Jajang C Noer dalam ‘Film Cinta Tapi Beda’, dan artis pendukung pria terbaik yaitu Adipati Dolken dalam ‘Film Sang Kiai’.  Dan pemeran utama terbaik pria Reza Rahardian dalam Film ‘Habibie & Ainun’ serta Pemeran utama terbaik wanita Ardinia Wirasti dalam Film Laura dan Marsha.
( Yulianto / CN34 / SMNetwork )

0 comments:

Post a Comment

santun berbahasa dan seksama dalam berpikir